Wednesday, April 30, 2014

Sukses Caleg Stres

Semangat  wajah-wajah para caleg untuk menjadi bagian dari wakil rakyat Nampak jelas dari visi misi yang telah dipaparkan. Berbagai cara dilakukan hanya untuk memenangkan diri menduduki kursi –kursi negara, salah satunya dengan menggunakan kampanye, memasang berbagi bentuk banner, baleho serta hal-hal lainnya yang dapat menunjang terpilihnya para caleg sebagai anggota perwakilan rakyat.

Bagaimana tidak bersemangat, jika ketenaran, harkat, derajat, dan martabat dapat diraih setalah sukses menjabat sebagai seorang anggota wakil rakyat. Manusia macam mana yang tidak tertarik jika harus diiming-iming dengan kesenangan yang dapat dirasakan secara lahiriah maupun batiniah. Namun disamping itu apa jadinya jika segala macam usaha telah dilakukan, berbagai bentuk materi telah dikeluarkan, tetapi tetap menutup kemungkinan untuk tidak memperoleh kedudukan di kursi pemerintahan.

Terbukti telah membanjari tanah air, seorang yang gagal terpilih menjadi wakil rakyat hidupnya menjadi semakin menyedihkan, dampak tersebut tidak hanya terjadi pada individu caleg tetapi juga pada keluarga dan sanak saudara, banyaknya pengeluaran berupa hal materi untuk mendukung kampanye para caleg tak sedikit yang dikorbankan, tak heran kebanyakan caleg yang gagal menduduki kursi kepemimpinan wakil rakyak menjadi stress, gila, hingga masuk rumah sakit jiwa sebab kekalahan yang tidak diinginkan serta telah banyaknya hasil materi yang telah di keluarkan untuk membiayai semasa kampanye berlangsung. Jika harus di gali tak semua biaya materi yang di keluarkan para caleg sebagai modal berkampanye adalah hasil dari kerja keras dan bahkan materi yang tersisa, melainkan banyak dari mereka telah mengorbankan motor, mobil, rumah, tanah, bahkan segala bentuk investasi yang mereka punya agar dapat ditukar dengan uang untuk membiayai kegilaannya dalam berkampanye.

Dalam hal materi, telah banyak yang dikeluarkan, berbagai usaha dan komplotan telah sukses dikerahkan dengan sodoran lembaran kertas kecil yang bernama uang. Para anggota calon legislative ini telah mengeluarkan banyak uang untuk kampanye kepada tim sukses, namun apa hendak dikata saat kalah menjadi anggota legislative tim sukses menjadi sukses sementara yang disukseskan berubah menjadi stress. Tidak sedikit Para caleg yang mengalami gangguan jiwa saat mengetahui bahwa dirinya tidak lolos menjadi anggota legislatif. Akibatnya  mereka mengalami tekanan mental yang kuat dalam dirinya, menanggung rasa malu karena tidak lolos menduduki kursi ketatanegaraan, serta harapan tinggi yang tidak tercapai. Akhirnya yang bisa mereka lakukan hanyalah terdiam merenungi usaha yang telah dikerahkan, hingga mengalami perubahan kejiwaan dan cenderung kosong pikirannya.


                              Irma

0 comments:

Post a Comment