Wednesday, May 7, 2014

Eksekusi “Save Our Eart”

            COBS, kali ini mengadakan bakti sosial yang mengarah pada pelestarian alam. Kegiatan yang akan dilaksanakan akhir bulan Mei ini terpaksa harus diajukan karena konsep penanaman pohon mendapat halangan cuaca. Pasalnya intensitas hujan kecil akan merusak bibit pohon yang ditanam. Sehingga pihak KBPH Ngrao sebagai partner kerja menginginkan kegiatan penanaman pohon segera dilaksanakan dalam pekan pertama bulan Mei.
            Kegiatan yang akan dilaksanakan hari di desa Ngidung kecamatan Ngrao ini sebenarnya mendapat penolakan dari KBPH kabupaten, karena mulai masuk musim kemarau, dan dikhawatirkan bibit akan banyak yang mati. Namun karena kepedulian niat baik dari rekan-rekan COBS, pihak perhutani daerah Padangan ikut mengupayakan kegiatan tetap berlangsung.
            Kekhawatiran akan bibit yang kekurangan air bisa diatasi dengan memasang infus. Infus dari botol air mineral, diisi dengan air dan pada tutupnya diberikan lubang kecil serta diletakkan terbalik. Infus ini berfungsi sebagai cadangan air bagi bibit yang telah ditanam. Sehingga meskipun telah masuk musim kemarau bibit tidak khawatir kekurangan air.
            Untuk mengapresiasi niat baik dari rekan-rekan COBS KBPH menyiapkan 500 bibit pohon jati, yang dalam penanamannya nanti juga akan dibantu Perhutani. Kesiapan pelaksanaan sementara telah mencapai ±50%, yang terdiri dari pemindahan bibit, pembuatan lubang, serta pembuatan aciran (tongkat untuk penyangga bibit)  Hal itu tidak lepas dari jirih payah Sukerman selaku ketua pelaksana dan rekan-rekan lainnya yang telah berusaha agar kegiatan tetap dapat berlangsung.
            Eksekusi kegiatan akan dilaksanakan hari Sabtu tanggal 10 Mei, dan diharapkan kekompakan dari rekan-rekan COBS agar kegiatan berjalan lancar serta membawa manfaat bagi diri sendiri maupun lingkungan.


Andriy

0 comments:

Post a Comment