Monday, March 30, 2015

Mengasah kemandirian (Kewirausahaan COBS)



Ada lagi nih, kegiatan COBS babarapa hari lalu, tepatnya tanggal 28 Maret 2015. Hmm ini kegiatan kewirausahaan. Kegiatan ini bisa dikatakan kegiatan rutin satu kali dalam satu semester, karena dengan memanfaatkan moment wisuda di gedung Cakra lur.

Hmm diharapkan dari kewirausahaan ini minimal dapat memberikan pengalaman berwirausaha, bagaimana manajemennya, strateginya, analisis kesempatan, pasar, cuaca dan juga sikap fighternya juga bakal diasah. :D trus bagaimana dengan yang lain? Laba? Iya itu urusan belakang. Prioritasnya adalah tentang pengalaman dulu, soal laba hanya resiko. Alhamdulillah laba yang didapat hampir selalu 200% lur...:D itu 10% di sumbangkan ke masjid, dan sisanya dipakek makan-makan. Dan kalo masih sisa lagi dipakek kas. :D prok.prok,prok.....(tepuk tangan)

Trus ceritanya preparenya begimana? Nah untuk preparenya itu kita dah persiapan sejak hari selasa tanggal 24 Maret. Pasalnya kan ada kajian kewirausahaan juga nih, nah disitu sekalian dipakek ngerumusin apa-apa ja yang mau dijual, dan dipersiapkan. Certia sedikit tentang kajian kewirausahaan ya... kajian kewirausahaan itu dah dibentuk kurang lebih satu bulan yang lalu, per awal april sudah pertemuan yang ke 3. Koordinatornya itu mbak Dian dari fakultas hukum. Kajian itu ngapain aja? Kajiannya itu membahas pembuatan proposal PKM ataupun PMW. Selepas itu kita tetap mengadakan kajian. Bukan sekedar bahas proposal tapi juga keilmuan dalam kewirausahaan dan yang lebih kerennya lagi goal dari kegiatan ini adalah dapat membuat dulur-dulur COBS memiliki jiwa kewirausahaan dan memiliki usaha sendiri. PPP (prok, prok, prok :D)






Lho-lho kog ngelantur bahas kajian? Hmm iya-iya gini untuk kewirausahaannya itu kita sepakati untuk jualan es teh sama rujak. Karena dari berbagai pertimbangan dua mahluk itu yang berpotensi memiliki prosentase jual lebih besar, atas dasar cuaca madura yang cukup panas. Hmm sebenernya juga mau jualan souvenir khas madura gitu, tapi ternyata proses lobi-lobinya gagal karena terkendala waktu (alasan :D)

Ternyata dari dulur-dulur COBS ada juga yang jualan selain tim es teh dan rujak lho... seperti kelompoknya Gustomi dari fakultras hukum, dia jualan semacam es kopyor, trus ada juga Nila dkk dari fakultas ekonomi yang juga semacam es buah ato agar-agar gitu.
Trus ceritanya di lapangan ya.pa? alhamdulillah buat tim es teh dan rujak lancar, meskipun ada beberapa hal yang kurang sesuai perkiraan. Seperti molor satu jam dari yang disepakati, trus kiriman es tehnya telat dan cuaca yang mendung. Mengingat produk kita itu es teh, jadine kita juga bingung kalo nantinya bakal hujan dan es kita tanpa terjamah pembeli. namun ternyata bukan demikian, meski mendung tapi cuaca masih mendukung karena beberapa kali masih terasa panasnya Madura.:D dan produk kita Sold Out. TPM (Tepuk Tangan yang Meriah.....:D)hahaa



Jadi begini, kita jualan di acara wisuda itu dengan strategi jemput bola, dimana kita langsung kemas tuh berbagai produk (rujak dan es teh) dan dijajakan ke banyak pengunjung, pengantar, atau sanak keluarga yang banyak menunggu di sekitaran gedung Cakra. Awal mula hanya terjual beberapa buah saja. Dulur-dulur yang jualan sempat merasa pesimis dengan kondisi itu, namun dengan tidak mudah putus asa dan terus mencoba akhirnya dagangan habis terjual. Kenapa demikian? Karena ada masanya dimana para pengunjung, pengantar, dan keluarga wisudawan itu sudah kehabisan bekal makanannya, trus juga rasa letih dan lapar menghinggapi mereka. Dan kita yang menjual es teh seolah-olah jadi pahlawan yang dapat membebaskan mereka dari rasa letih, haus dan lapar itu......hening :D

Setelah terjual habis, kita pergi makan bareng ke rumah makan (warung) hehe. Ya sambil melepas lelah dan juga saling bercerita tentang pengalaman masing-masing saat berjualan keliling gedung cakra gitu. Dan sesi foto-foto selalu menjadi hal yang hampir ndak pernah absen. Hehe


Semoga untuk kesempatan wisuda berikutnya jadi lebih maju dan lebih banyak yang berkarya dalam kewirausahaan.


Kebersamaan, Persaudaraan, Netral

0 comments:

Post a Comment